Gambar
UNCATEGORIZED

Chief Steward- Pullman & Ibis Styles Bandung Grand Central

Disnaker Kota Cimahi -

Rabu, 13 Juli 2022 17:00 WIB

Deskripsi Pekerjaan

  • Seorang Chief Steward bertugas untuk mendaftarkan segala permintaan peralatan masak yang diperlukan seperti penggorengan, spatula, deep fat fryer dan meat grinder. Mereka harus mengecek secara rutin daftar barang yang diminta oleh chef atau co chef lainnya,
  • Seorang Steward juga akan ditugaskan untuk mendistribusikan kebutuhan yang diperlukan oleh para chef yang ada di dapur atau restaurant. Ada beberapa tahapan yang akan dilalui nantinya seperti melakukan proses penyortiran untuk memastikan kualitas barang. Proses distribusi ini umumnya akan dilakukan setelah steward selesai melakukan pemesanan ke produsen sesuai dengan permintaan yang ada. Tugas ini biasanya akan dilakukan secara rutin tiga bulan sekali asalkan semua peralatan memang masih tercukupi jumlahnya dan masih cukup baik untuk digunakan,
  • Mereka juga bertugas untuk menyimpan beberapa peralatan seperti piring, mangkok dan gelas ke dalam tempat penyimpanan yang telah disediakan,
  • Memahami hygiene sanitasi, mereka harus memastikan tidak ada mikroorganisme yang tertinggal dalam peralatan yang telah dicuci. Hal ini biasanya akan dimulai dari pemilihan air yang digunakan untuk mencuci. Pembersihan dapur secara berkala juga perlu untuk dilakukan untuk memastikan kondisinya selalu bersih dan higienis,
  • Melakukan restocking, akan dilakukan penyetokan ulang peralatan masak setiap bulannya jika mengalami kerusakan atau kekurangan jumlahnya. Tidak hanya peralatan memasak saja yang di restocking, tapi seorang Chef Steward juga harus menjamin jika perabotan lain seperti jendela dan kompor juga selalu dalam keadaan bersih dan masih bisa digunakan,
  • Memastikan setiap peralatan yang digunakan bisa dijamin telah menyediakan fungsi kerja bagi chef dan petugas memasak agar optimal,
  • Mengoperasikan tempat cuci yang ada di dapur, membersihkan tempat cuci serta perlengkapan yang perlu dicuci,
  • Mengatur persediaan detergen yang akan digunakan untuk mencuci piring dan peralatan dapur sekaligus kebersihannya,
  • Membantu mencuci sayur, mengupas sayur yang akan diolah oleh chef,
  • Mengangarkan dan mengatur persediaan bahan makanan yang ada di dapur.

 

Persyaratan Umum

  • Memiliki riwayat pendidikan minimal SMK jurusan perhotelan,
  • Memiliki pengalam yang sama menjadi seorang Steward minimal 1 tahun,
  • Memiliki kemampuan interpersonal skill yang baik,
  • Bisa bekerja didalam team,
  • Dapat bekerja dengan maksimal,
  • Seorang pekerja keras,
  • Bertanggung jawab dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan.

 

Kota