Gambar

Uncategorized

Disnaker Kota Cimahi admindisnaker

Jumat, 29 Maret 2024 15:08 WIB

Menaker: Investasi Peningkatan Kualitas SDM Sangat Penting bagi Pembangunan Ketenagakerjaan

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyatakan bahwa salah satu sasaran prioritas pembangunan nasional 2019 – 2024 menitikberatkan pada peningkatan investasi.

Dalam konteks ketenagakerjaan, kata Menaker, investasi sangat penting paling tidak karena lima alasan, yaitu investasi membuka lapangan kerja; investasi memperbesar peluang alih teknologi dan pengetahuan; investasi memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia (SDM); investasi mendorong peningkatan produktivitas; dan investasi menyumbang pada pertumbuhan ekonomi nasional.

"Oleh karenanya, investasi pada peningkatan kualitas SDM sangat penting dalam proses pembangunan ketenagakerjaan," ucap Menaker.

Menaker menyampaikan hal tersebut pada acara Pasker ID Goes to Campus dan Pengukuhan Kepengurusan Forum Komunikasi Perguruan Tingi untuk Ketenagakerjaan (Forkomtinag)

di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/3/2022).

Ia menjelaskan, salah satu bentuk investasi peningkatan kualitas SDM adalah melalui pendidikan di perguruan tinggi yang berkualitas.

Pasalnya, lulusan dari perguruan tinggi yang berkualitas akan cenderung memiliki produktivitas yang lebih tinggi dan memberi kontribusi yang lebih besar pada perekonomian.

"Oleh karena itu, kita harus terus menjadikan perguruan tinggi sebagai salah satu fokus dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia bangsa ini," ucap Menaker.

Pada acara yang dihadiri oleh sejumlah rektor dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia tersebut, ia menyakini akan memberikan dampak signifikan bagi pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia, dan menjadi momentum penting mewujudkan sinergitas dan kolaborasi perguruan tinggi dengan Kemnaker sebagai leading sector pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia.

Kota